Keputusan yang Seharusnya Diambil dalam Menyusun Keuangan

Keputusan yang Seharusnya Diambil dalam Menyusun Keuangan

komunitas sb1m

Pembahasan kita sekarang ialah Keputusan yang Seharusnya Diambil dalam Menyusun Keuangan. Sadarkah kamu bahwa hampir tiap-tiap keputusan yang diambil kebanyakan mempunyai imbas pada keadaan keuangan. Coba renungkan sebentar. Dari rumah menuju kantor, kendaraan apa yang kepingin ditumpangi? Kendaraan umum atau kendaraan pribadi? Ujung-ujungnya mesti berhitung juga perihal biaya yang kudu dikeluarkan.

 Keputusan yang Seharusnya Diambil dalam Menyusun Keuangan

Saat berkeinginan buat berekreasi bersama keluarga, kamu pun mesti mencadangkan dana yang cukup. Belum lagi keputusan perkara sekolah buah hati, asuransi, tabungan, investasi dan masih banyak lagi. Keputusan-keputusan itu secara langsung ataupun tak langsung berpengaruh terhadap keuangan.

Keputusan yang Seharusnya Diambil dalam Menyusun Keuangan

Tetapi kita tidak perlu cemas apabila beberapa keputusan dalam hidup kudu berujung pada hitung-hitungan uang yang kudu dikeluarkan. Jangankan kawan-kawan semua, setiap keputusan kecil dari manajemen perusahaan se-gede gajah pun memberi pengaruh pada keuangan. Lagipula, untuk perusahaan, keuangan merupakan “aliran darah”. Jikalau aliran darah itu stop maka otomatis, aktivitas perusahaan itu juga stop. Maka dari itu para bos perusahaan dituntut untuk mengambil keputusan-keputusan yang tepat, lebih-lebih yang berkenaan dengan keuangan.

E.A Helfert menganalisis hubungan antara keputusan yang diambil manajemen perusahaan dengan keuangan perusahaan. Terdapat 3 keputusan utama yang kebanyakan diambil oleh managemen perusahaan yakni keputusan investasi, keputusan operasional & keputusan pendanaan. Ke-3 keputusan tersebut bersinggungan satu dengan yang lain dan berujung pada pembuat nilai tambah ekonomi.

Keputusan yang Seharusnya Diambil dalam Menyusun Keuangan

a. Keputusan Investasi

Buat perusahaan, keputusan ini erat kaitannya dengan pembelian tanah, pembangunan pabrik atau kantor, pengadaan mesin-mesin, kendaraan operasional dan masih banyak lagi. Barang-barang yang dibeli melalui keputusan ini biasanya berusia panjang dan mempunyai nilai yang tinggi.

Dalam menjalani kehidupan, kita kagak akan lepas dari keputusan investasi. Jikalau baru aja menikah dan belum punya rumah sendiri, maka rata-rata keputusan investasi yang diambil berupa pembelian rumah atau tanah. Sesudah itu Anda dapat berpikir dan mengambil keputusan investasi lainnya seperti pembelian mobil, emas atau asuransi bagi diri sendiri dan keluarga.

Keputusan yang Seharusnya Diambil dalam Menyusun Keuangan

Keputusan investasi ini punya efek yang strategis bagi keadaan keuangan. Kenapa? Karena pada waktu-waktu produktif, hampir sebagian besar incomen bakal dikeluarkan buat mendapatkan investasi ini. Tanpa pengelolaan keuangan yang baik maka kalian akan mendapat guncangan keuangan waktu sumber gaji bermasalah atau berhenti. Karenanya penting sekali buat menyusun setiap kegiatan pengambilan keputusan investasi.

b. Keputusan Operasional

Keputusan operasional bersangkutan erat dengan gimana perusahaan memenuhi biaya-biaya yang dikeluarkan untuk aktivitas operasional perusahaan. Keputusan ini amat sangat penting dipakai dalam pemilihan biaya operasional, jumlah karyawan, harga jual barang, persediaan, dsb. Perusahaan seharusnya akurat dalam memakai segala resources yang dipunyainya agar roda perusahaan terus berputar.

Keputusan yang Seharusnya Diambil dalam Menyusun Keuangan

Kekeliruan pengendalian keuangan dalam keputusan operasional bisa diibaratkan seperti mobil yang kehabisan bahan bakar. Mogok, tak bisa bergerak ke mana-mana. Lama kelamaan, semua komponen-komponennya menjadi tua dan akibatnya benar-benar jadi besi tua, karatan dan tidak berfungsi.

Jika kita dianalogikan sebagai perusahaan, mengalami kondisi yang sama. Biaya-biaya yang patut dikeluarkan buat mempertahankan hidup setiap bulannya, sungguh-sungguh bergantung kepada keputusan-keputusan operasional yang diambil.

Keputusan yang Seharusnya Diambil dalam Menyusun Keuangan

Kesusahan yang dihadapi oleh hampir tiap orang yaitu bagaimana mengelola pendapatan yang relatif tetap untuk menutupi kebutuhan yang semakin hari makin menanjak. Pertambahan kebutuhan tersebut tidak hanya dikarenakan oleh semakin banyaknya barang yang patut dibeli tetapi juga diakibatkan melonjaknya harga barang. Dalam kondisi ini, kecerdikan kalian sebagai individu perlu terus diasah. Jangan sampai keuangan mogok di tengah jalan.

c. Keputusan Pendanaan

Akhirnya untuk menggerakkan keputusan investasi dan operasional, perusahaan seharusnya mencari sumber dana. Sumber dana itu dibagi jadi 2 variasi yakni sumber eksternal dan sumber internal. Sumber dana eksternal ialah sumber dana yang didapatkan dari luar perusahaan seperti utang bank, hutang pihak ketiga atau penerbitan surat berharga. Sedangkan sumber dana internal berasal dari dalam perusahaan sendiri, seperti penambahan modal pemilik dan laba ditahan.

Keputusan yang Seharusnya Diambil dalam Menyusun Keuangan

Dalam pengambilan keputusan ini, perusahaan patut melihat dua hal penting yakni mencari sumber dana yang murah dan tepat. Kesalahan perusahaan dalam memilih sumber dana akan menyebabkan biaya tinggi bagi perusahaan. Contohnya, suku bunga yang dibayar terlalu tinggi, maka biaya pembayaran bunga juga jadi meningkat. Tentu aja dalam batas-batas tertentu, hal itu akan mengganggu performa perusahaan.

Ketika Anda menghadapi masalah pengambilan keputusan operasional dan investasi, semisal untuk membeli kelengkapan elektronik dilaksanakan secara tunai atau kredit, karenanya keputusan pendanaan harus diperhitungkan secara matang. Jikalau berdasarkan Anda, dengan cara kredit akan cakap mengkredit kreditan tiap-tiap bulannya, sebab menerima syarat gampang dan bunga yang rendah, silakan saja berutang. Pada prinsipnya, layaknya perusahaan, Anda patut mencari sumber pendanaan yang murah dan tepat.

Keputusan yang Seharusnya Diambil dalam Menyusun Keuangan

Bila bisa, gunakan terutama dahulu sumber dana internal. Karena sebetulnya, sumber dana tersebut lebih ideal, aman dan murah. Bagaimana jika sumber dana internal enggak mencukupi? Mencari sumber dana eksternal ialah jalan keluarnya. Namun perlu Anda catat sekali lagi, carilah sumber dana yang murah dan ideal!

Dalam bukunya yang berjudul Winning The Mom Market in Indonesia, Hermawan Kartajaya dan rekan-rekan mengucapkan, layaknya penduduk Venus, kaum wanita mempunyai extra sensory sensivity yang menyebabkan mereka memiliki hati dan perasaan yang lebih kuat daripada pria pada umumnya. Mereka bisa secara bagus memakai empatinya kepada orang lain.

Keputusan yang Seharusnya Diambil dalam Menyusun Keuangan

Pasukan Synergy

Kondisi ini yang menunjang mengapa daya pemasaran dari mulut ke mulut begitu kuat di pasar ibu. Ini pula yang dimanfaatkan banyak produsen demi meningkatkan penjualannya yaitu memanfaatkan elemen emosional konsumen. Lihat saja bagaimana para produsen ramai-ramai menyerbu pasar ibu. Para ibu terpenting, dan wanita pada biasanya, memang pasar yang betul-betul menjanjikan.

Pasukan Synergy

Kiat Merencanakan Keuangan

  1. Pahamilah bahwa tiap keputusan apa saja bagus operasional, investasi atau pendanaan yang Anda ambil akan berimbas pada keuangan Anda.
  2. Apabila Anda mau meningkatkan skor aset Anda, utamakan secara khusus dahulu sumber dana internal, baru kemudian seandainya tidak mencukupi carilah pilihan sumber dana eksternal dengan dua persyaratan ketat, MURAH dan TEPAT!
  3. Cermati Rencana Keuangan Pribadi (RKP) Anda. Ukur diri dan cari jalan keluar yang kreatif seandainya terdapat defisit dalam RKP.

Demikian informasi tentang Keputusan yang Seharusnya Diambil dalam Menyusun Keuangan, kami harap post kali ini membantu kalian. Kami berharap artikel ini disebarluaskan supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...
Hosting Berkualitas

No Responses

Write a response